Pengantar Teknologi Internet Dan New Media


Konsep Teknologi Konvergensi , Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV sebagai layanan aplikasi New media.


Konsep Konvergensi Media

    Konvergensi media merupakan salah satu perkembangan media massa yang melibatkan banyak faktor teknologi di dalamnya. Kehadiran internet mendorong media massa menerapkan konsep konvergensi media seperti media online, e-paper, e-books, radio streaming, media sosial, dan lain-lain. Persaingan bisnis media menjadi salah satu faktor pendorong media massa menerapkan konsep ini karena perkembangan teknologi tidak hanya mengandalkan format cetak (koran, majalah, buku) semata. Inovasi konvergensi media dibutuhkan agar media massa mampu tetap bersaing di era bisnis dewasa ini. Sebagai salah satu bentuk inovasi, konvergensi media memerlukan berbagai proses dan tahapan dalam penerapannya. Tulisan ini akan menelusuri proses terjadinya difusi inovasi konvergensi media dengan objek penelitian harian Pikiran Rakyat. Penelitian secara kualitatif ini menggambarkan bagaimana konvergensi media mampu diadopsi oleh suatu media massa secara bertahap.


Pengertian Internet Broadband

  Sejatinya internet tersebut menyuguhkan ruang lingkup koneksi VPN Cepat yang lebih luas dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Internet broadband artinya adalah koneksi internet dengan teknologi broadband, yang memiliki frekuensi jangkauan lebih luas. Internet broadband juga digadang-gadang merupakan perkembangan dan memiliki nilai jual lebih tinggi dari internet dial-up. Sebab koneksi yang dimiliki broadband jauh lebih cepat. Selain itu, dial-up memiliki kendala sering mengalami disconnect server, sehingga mengganti nya dengan broadband merupakan pilihan yang tepat, dan berikut adalaha beberapa Jenis Internet Broadband:

Berdasarkan kecepatannya, internet broadband juga dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis, yaitu ada ADSL dan juga SSL. Selain itu, keduanya dibedakan karena melihat kebutuhan VPN Murah yang sedang dicari masyarakat. ADSL merupakan koneksi yang paling sering digunakan oleh masyarakat luas. Rata-rata kecepatan transfer datanya sebatas 512 Kbps saja. Namun, hal ini sudah sangat cukup untuk melakukan beberapa kegiatan surfing di internet.

Lain halnya dengan jenis SSL. Jenis ini biasa digunakan oleh para pelaku usaha atau kantor-kantor besar yang memerlukan akses internet tinggi. Tentu saja kecepatan yang dimiliki oleh SSL jauh lebih tinggi dibanding dengan ADSL. Biasanya mereka mengacu kepada kecepatan upload yang tinggi. Perbandingan harga yang ditawarkan pada SSL juga jauh lebih mahal dibanding harga pada ADSL.

Sedangkan berdasarkan bahan yang digunakan, internet broadband dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu koneksi internet wireless,TV kabel, dan menggunakan satelit. Pada koneksi wireless berarti internet yang digunakan VPN Gratis tidak memerlukan perantara kabel. Koneksi ini banyak dimiliki oleh ponsel pintar, tablet, notebook, bahkan printer. Kecepatan download yang tersedia antara 128 Kbps hingga 2 Mbps.

Berikutnya adalah koneksi kabel dengan sambungan TV. Koneksi yang tersedia memiliki kecepatan transfer data antara 2 Mbps hingga 8 Mbps. Oleh karena itu, biasanya internet TV kabel lebih disukai dibanding koneksi internet ADSL. Hal tersebut dinilai lebih praktis dan tidak memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari ADSL.

VPN

  Virtual Private Network atau biasa disebut VPN adalah Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi. salah satu fungsi adanya vpn adalah keamanan dalam berkomunikasi atau dalam pertukaran data, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusup ke traffic (lalu lintas jaringan) yang tidak semestinya.

Konsep kerja VPN pada dasarnya VPN Membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Jika digambarkan kira-kira seperti ini
internet <—> VPN Server <—-> VPN Client <—-> Client

bila digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka seperti ini:


Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B
Jadi semua koneksi diatur oleh VPN Server sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar.


Fungsi VPN
Teknologi VPN atau virtual Private Network mempunyai tiga fungsi utama yaitu

1. Confidentially (Kerahasiaan)
Teknologi VPN merupakan teknologi yang memanfaatkan jaringan publik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian data. Untuk itu, VPN menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan adanya teknologi enkripsi itu, keamanan data menjadi lebih terjamin. Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak. Jadi, confidentially ini dimaksudkan agar informasi yang ditransmisikan hanya boleh diakses oleh sekelompok pengguna yang berhak.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)
Ketika melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya. Pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

Pemanfaatan IT dan Konvergensi

  Manfaat IT dalam perkembangan kehidupan sehari hari memang sangat banyak, terutama untuk pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan keuntungan mereka

Sedangkan manfaat dari konvergensi itu sendiri adalah tentu saja memudahkan khalayak dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak mebutuhkan biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat pihak media sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada sebelumnya.

Konvergensi media juga mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan.


Media Konvergensi

  Konvergensi media adalah bergabungnya berbagai media seperti radio, televisi, surat kabar dan internet menjadi satu untuk diarahkan ke suatu media tunggal.

Internet membuat proses penyampaian informasi menjadi sangat cepat. Awalnya internet hanya digunakan sebagai media penyampaian informasi layaknya televisi dan radio, tetapi kini internet menjadi sangat interaktif karena masyarakat dapat membagikan informasi sendiri tanpa menunggu informasi yang disediakan oleh industri media. Seiring berkembangnya teknologi, media massa konvensional dan online saling berhubungan dan bekerjasama atau biasa disebut dengan istilah konvergensi media.



Konsep Jejaring Sosial 


 Jejaring sosial (social network) adalah bentuk struktur sosial yang terdiri dari simpul-simpul yang saling terkait dan terikat oleh satu atau lebih tipe hubungan yang spesifik. Simpul-simpul yang dimaksudkan disini dapat berupa individu maupun organisasi.  Istilah jejaring sosial pertama kali diperkenalkan oleh Professor J.A Barnes pada tahun 1954. Jejaring sosial merupakan sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial ini akan membuat mereka yang memiliki kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang telah dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga bisa saling berhubungan.

Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang asalnya “kecil” bisa seketika menjadi besar dengan Media sosial, begitupun sebaliknya orang “besar” dalam sedetik bisa menjadi “kecil” dengan Media sosial.

Sejarah Jejaring Sosial


Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus padahubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuatikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaringsosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yangkemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputitidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan penggunakontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosialMySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaingyang tumbuh dengan cepat.Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketikaYahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corpora

Layanan Jejaring Sosial

Layanan yang dihadirkan oleh masing-masing situs jejaring sosial berbeda-beda. Hal inilah yang merupakan ciri khas dan juga keunggulan masing-masing situs jejaring sosial. Tetapi umumnya layanan yang ada pada jejaring sosial adalah chating, email, berbagi pesan, berbagi video atau foto, forum diskusi, blog, dan lain-lain. Pemanfaatan situs jejaring sosial atau social networking telah menjadi trend atau gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Buktinya situs jejaring sosial Facebook berada pada peringkat pertama website yang paling banyak diakses di Indonesia.

Situs Jejaring Sosial

Berikut ini adalah daftar 10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia berdasarkan jumlah pengguna aktifnya.


  • Facebook

          Jumlah Pengguna Aktif : 1,35 Miliar
          Negara asal : Amerika Serikat
          Tahun Berdiri : 2004
          Website : Facebook.com

    Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berkantor pusat di Menlo Park Kalifornia dan telah menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US$7,87 Miliar di tahun 2013. Beberapa perusahaan Teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore.

  • Instagram

          Jumlah Pengguna Aktif : 300 Juta
          Negara asal : Amerika Serikat
          Tahun Berdiri : 2010
          Website : instagram.com
          Peringkat Alexa : 30
    Instagram adalah situs Jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya kebeberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram itu sendiri. Situs Jejaring Sosial yang hanya terdapat di sistem operasi iOS Apple dan Android Google ini telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 seharga US$ 1 Miliar.


Dampak Positif dan Negatif
Positif :

  • Memudahkan berkomunikasi dengan teman, keluarga, maupun rekan bisnis.
  • Dapat mencari kenalan baru dan berkomunikasi dengan mereka yang berada di kawasan lain di seluruh dunia.
  • Dapat saling bertukar ilmu, informasi, ide, pikiran, dll
  • Memudahkan anda yang ingin atau sudah mempunyai bisnis dan menjadikan social media ini sebagai jalur promosi/pemasarannya.
  • Memberi tahu semua orang mengenai suatu kejadian atau event dengan cepat, dll
Negatif:

  • Kita bisa terjebak dengan urusan di dunia maya tanpa sadar kita memiliki urusan lain di dunia nyata.
  • Memiliki banyak identitas diri. Karena tak sedikit orang yang memiliki sifat berbeda di dunia maya dengan dunia nyata.
  • Kehidupan sosial di dunia nyata akan terganggu. Karena mereka lebih menyukai berinteraksi di dunia maya dibanding interaksi dengan lingkungan sosial di kehidupan nyata mereka.
  • Penyalahgunaan akun untuk melakukan tindak kejahatan.


Podcasting

Podcast adalah episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain.

Podcast biasanya menawarkan tiap episode dalam format file yang sama, seperti audio atau video, sehingga pelanggan selalu bisa menikmati program tersebut dengan cara yang sama. Sebagian podcast, seperti kursus bahasa meliputi beberapa format file, seperti video dan dokumen agar pengajaran berjalan lebih efektif.

Bagi pendengar podcast, podcast adalah sebuah cara untuk menikmati konten menarik dari seluruh dunia secara gratis. Bagi penerbit podcast, podcast adalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar.

Manfaat dari Podcasting

  • Podcasting menyenangkan, karena semua orang dapat ikut terlibat, mengekspresikan diri, atau bertukar pikiran dan produk mereka.
  • Dalam podcasting, ribuan orang sudah terlibat, setiap orang berbeda dengan podcasting mereka. Dan tidak perlu sebuah Studio atau sebuah lisensi FCC. 
  • Hanya memerlukan sebuah microphone, komputer dan sesuatu yang dapat dibagikan.
  • Mudah untuk dikendalikan.
  • Tidak perlu takut kepada spam atau virus, karena Podcasting menggunakan RSS.


Komponen Podcasting
Komponen yang ada pada podcasting adalah dengan Menggunakan File audio dan RSS FEED
file audio adalah  Suatu file dimana isinya berupa suatu suara(audio) yang hanya bisa dibuka dengan media player. Podcast Server sedangkan RSS FEED adalahSebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan(diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.

Cara Kerja Podcasting
Pada dasarnya setiap orang yang memiliki komputer dan akses ke Internet dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast. Anda dapat merekam suara, lagu, puisi, pidato, ceramah, kultum, atau bahkan khotbah, kemudian menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah satu website podcast yang ada. Selanjutnya biarkan orang lain yang tertarik dengan konten buatan Anda untuk men-download dan mendengarkannya di komputer atau MP3 player mereka. Sedangkan untuk mendengarkan siaran podcast dari orang lain, Anda dapat masuk ke salah satu website podcast, men-download freeware untuk podcasting yang mereka sediakan (seperti iPodder atau iTunes), dan meng-install-nya di komputer. Selanjutnya, dari aplikasi tersebut Anda dapat mengklik hyperlink untuk mendengarkan konten podcast yang diinginkan. Anda dapat mendengarkannya langsung dari komputer, atau men-download-nya ke dalam MP3 player. Anda dapat membuat playlist pada aplikasi podcasting untuk mendownload konten-konten dengan tema tertentu melalui RSS feed, membiarkannya men-download konten tersebut secara otomatis, menyimpannya ke dalam harddisk komputer untuk didengarkan kemudian.

Model Penyebaran Cara Berlangganan Podcasting
Model penyebaran podcasting biasanya dengan cara mendownload dan kita juga bisa berlangganan untuk mendapatkannya. Salah satu contoh cara berlangganan podcasting selain berlangganan juga bosa dengan cara mendownload, Anda memerlukan aplikasi/app di smartphone Anda untuk berlangganan, mendownload dan mendengarkan podcast. Ada banyaaaaaakkk sekali aplikasi untuk mendengarkan podcast terutama di Apple IOS dan Android. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Setelah menginstall aplikasi yang ingin Anda gunakan, Anda bisa cari podcast yang ingin Anda dengarkan melalui Search nama podcast yang Anda ingin cari dengan Browse Directory Podcast yang biasanya tersedia di aplikasi.

KONSEP RSS

Definisi RSS
RSS adalah sebuah file berformat XML yang digunakan untuk sebuah situs web atau blog Singkatan dari RSS ini mengacu kepada beberapa protokol Pengertian sederhana dan kegunaannya adalah teknologi yang memudahkan kita untuk mendapat informasi terbaru dari web atau blog tersebut, tanpa kita harus membuka website tersebut. Cukup dengan berlangganan RSS ini, maka informasi terbaru langsung bisa anda dapatkan.


Sejarah RSS
 RSS dimulai dari 1995 oleh Ramanathan V. Guha, dikembangkan sebagai Meta Content Framework (MCF). MCF bertujuan mendeskripsikan obyek, atribut-atributnyadan hubungan antara mereka. Berikutnya Tim Bray, salah satu pionir XML, memindahkan MCF kedalam format berbasis XML, disebutnya Resouce Description Framework (RDF). RDF didefiniskan oleh World Wide Web Consortium (W3C) sebagai "a general-purpose language for representing information in the World Wide Web". RDF secara spesifik didesain untuk merepresentasikan metadata dan relasi antar hal, termasuk dasar dari konsep yang disebut Semantic Web. Sejarah perkembangan RSS tak bisa dilepaskan dari keterlibatan raksasa-raksasa software dan internet.

RSS Feed dan RSS Reader

Feed adalah pengumpul untuk mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Feed ini bisa berupa program komputer atau layanan yang berbasis online.

RSS feed bekerja dengan mempublikasikan konten terbaru Anda dalam struktur dokumen XML. Feed ini mengandung artikel Anda secara lengkap atau ringkasannya saja, dan metadata untuk setiap item, seperti tanggal, pemilik, kategori, dan lain sebagainya.

Dokumen XML ini dapat mengambil dan dibaca dengan RSS feed reader. Anda dapat menemukan banyak sekali aplikasi RSS feed reader yang tersedia di internet. RSS feed reader tidak hanya di sistem operasi seperti Windows saja, melainkan hampir semua sistem operasi dari berbagai perangkat desktop, termasuk perangkat mobile.


Manfaat RSS

  • Menjalin hubungan lebih erat dengan pelanggan. Pelanggan yang mendaftar RSS anda akan terus mendapatkan informasi terkini mengenai bisnis anda.
  • Hasilkan lebih banyak traffik. Memanfaatkan RSS akan menghasilkan lebih banyak traffik buat anda.
  • Jaminan konten sampai. Beda dengan email marketing yang kadang tak sampai 100% berhasil masuk ke email pelanggan, menggunakan RSS pasti sampai ke alat RSS mereka.
  • Pengunjung mudah mensubscribe. Mendaftar di RSS sangat mudah. Pengunjung tak repot untuk melakukannya.
  • Menerbitkan konten sangat mudah. Update konten terbaru akan sampai di RSS reader pembaca.
  • Mudah menyebar di internet. Melalui RSS, konten dan berita dari website anda mudah tersebar secara luas di internet.


KONSEP IPTV


Defnisi IPTV

IPTV merupakan kepanjangan dari Internet Protocol Television. Dari kepanjangannya tersebut kitatentunya sudah bisa mendapatkan gambaran bahwa IPTV tersebut merupakan layanan TV yang berbasiskan koneksi jaringan internet. Intinya, IPTV tersebut menggunakan metode jaringan dari Internet Protocol Suite melalui berbagai paketin  jaringan, misalnya yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu internet dan broadband akses jaringan internet. !adi bisa dibilang IPTV itu merupakan versimodernnya, bukan versi tradisional yang misalnya masih menggunakan televisikabel. "kan tetapi, sebenarnya IPTV tidak terbatas hanya pada layanan TV. IPTV juga mencakup semua layanan berbasis multimedia, yaitu tentu saja televisi danyang lainnya yakni video, audio, te#t, gra$k, serta berbagai jenis data lainnya yangdisampaikan melalui jaringan berbasis IP


Sejarah IPTV

Di banyak negara, IPTV telah berkembang sedemikian rupa sehingga para pelanggan  mempunyai  banyak  pilihan  dalam  mengakses  informasi,  hiburan  dan layanan  lainnya.  Sebagai  contoh  di  Jepang,  yang  merupakan  salah  satu  negara pionir   dalam   penerapan   layanan   IPTV   meluncurkan   layanan   IPTV   pertama kalinya pada tahun 2005 yang merupakan layanan IPTV berkualitas HDTV (High Definition   Television)   serta   berbasis   VoD   menggunakan encode   MPEG-4 AVC/H.264   yang   memungkinkan provider   mengirimkan   konten   HD   hanya dengan separuh bandwidth dibandingkan dengan memakai teknologi MPEG-2.

IPTV VS INTERNET TV

Perbedaan IP TV denganTV Analog:

1.Platform
Yaitu IPTV didasarkan pada jaringan telekomunikasi digital sedangkan pada TV Analog digunakan jaringan analog. IPTV menggunakan protokol internet untuk melakukan pengalamatan sedangkan pada televisi analog menggunakan frekuensi pancaran dari stasiun pemancar.

2.Cakupan Geografis
IPTV mempunyai jangkauan yang terbatas tergantung pada ketersediaan operator telekomunikasi. Sedangkan pada jangkauan jaringan TV Analog bisa jauh lebih luas terutama karena adanya stasiun relay yang meneruskan siaran dan juga adanya satelit yang membantu dalam melakukan siaran televisi.

3.Kepemilikan Infrastruktur Jaringan
TV analog mempunyai jaringan yang dikuasai oleh sendiri, tetapi ada juga jaringan yang dimiliki oleh bersama. Kontrol terhadap jaringan yang ada dalam ruang lingkupnya cenderung lebih lemah kaena cakupan geografisnya cukup besar . Begitu juga terhadap kontrol penyiarannya, seringkali dapat melewati batas antar negara sehingga kadang menggangu jaringan di negara lain. Sedangkan pada IPTV digunakan jaringan yang dimiliki oleh sendiri (privat) sehingga perbaikan dan juga pengawasan terhadap jaringan biasanya lebih cermat dan baik yang akan mendukung kulitas layanan IPTV.

4.Mekanisme Akses
Mekanisme akses pada IPTV adalah dengan menggunakan sebuah digital set-top box yang digunakan untuk mengakse dan mengodekan kembali konten video yang dikirmkan. Sedangkan pada TV analog menggunakan peralatan penguat dan filter untuk memisahkan gelombang pembawa sebagai kompnen utamanya.

5.Biaya
Layanan Televisis analog dapat dinikmati secara gratis dan sebagai kompensasi maka akan ditayangkan sejumlah iklan pada sela-sela acara sehingga cukup mengganggu ketika menonton suatu acara tertentu. sedangkan pada IPTV ada biaya tertentu yang harus dibayarkan bisasnya dalam periode per bulan.

Cara Kerja IPTV

Proses kerja IPTV ini dipecah menjadi paket-paket berbasis IP dan dimasukkan ke dalam jaringan milik penyedia siaran IPTV (yang juga perusahaan telekomunikasi) tempat dimana data-data lain (voice dan data) berjalan.

Data yang dikirimkan akan ditangkap oleh pemancar kemudian akan disalurkan kedecoder yang sudah tertancap di pesawat televisi yang dihubungkan dengan jalur Internet DSL di rumah-rumah. Nah, Fotma yang digunakan dalam IPTV bukan MP4 atau 3gp. kenapa ?? karena kualitas gambar tersebut masih kurang baik. jadi rata-rata kualitas gambar IPTV adalah MPEG, Bisa di proses di MEDIA PLAYER.

Layanan IPTV

Layanan IPTV secara umum meliputi broadcast televisi dan video di atas akses internet dan interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband seperti game, shopping, dan advertising. Selain itu juga ada layanan content on demand yang termasuk TV on demmand, video on demmand, music on demmand, dan karaoke on demmand. Layanan bisa disaksikan dengan perangkat televisi, komputer, notebook, dan smartphone. Untuk tayangan live serta video on demmand, IPTV mendukung standard definition (SDTV) serta High Definition (HDTV). Video on demmand sendiri bisa dikontrol seperti layaknya menonton DVD.








Daftar Pustaka

Buku:

Fiddler, Roger. (2003). Mediamorfosis. Yogyakarta: Bentang Budaya

Filak, Stephen Quinn & Vincent F.(2005). Convergent journalism an introduction. New York: Focal Press

Melkote, Srinivas R. (1998). Communication for development in the third world: theory and practise. Cetakan ke-7. London: Sage Publications

Usman Ks. 2009.Ekonomi media: pengantar konsep dan aplikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Internet:

Sudjono, Sukarto https://sukarto.com/apa-itu-podcast-penjelasan-manfaat-dan-cara-menggunakan/

Efendi, ilham. pengertian vpn virtual private network .2018. https://www.it-jurnal.com/pengertian-vpn-virtual-private-network/  (dikutip pada tanggal 04 november 2019).

yasin.2019. https://www.niagahoster.co.id/blog/rss-adalah/  (dikutip pada tanggal 04 november 2019).

Dhimas,2018. https://www.kompasiana.com/dymastrynulhakim7911/5b4db37d6ddcae2e4842bf13/konvergensi-media-bukti-kedinamisan-dunia?page=all (dikutip pada tanggal 04 november 2019).

Nimda.2012. http://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/ (dikutip pada tanggal 04 november 2019).

Yana, Yuli.2014 https://manfaat.co.id/manfaat-it (dikutip pada tanggal 04 november 2019).

Apple. https://www.apple.com/id/itunes/podcasts/fanfaq.html (dikutip pada tanggal 04 november 2019).

Dikson.2019. https://ilmupengetahuanumum.com/10-situs-jejaring-sosial-terpopuler-di-dunia/ (dikutip pada tanggal 04 november 2019).


Khilmy, Zulfa.2015. https://www.kompasiana.com/zulfakhilmy/552ab233f17e61eb31d623be/internet-protocol-television-iptv (dikutip pada tanggal 04 november 2019).

wahono, tri.2011 https://tekno.kompas.com/read/2011/02/28/1545066/Telkom.Luncurkan.Layanan.IPTV. (dikutip pada tanggal 04 november 2019).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-LEARNING

PEMETAAN TARI TRADISIONAL INDONESIA

Nama Nama Gerak Pada Tari