E-LEARNING

E-LEARNING

Hasil gambar untuk e learning


 PENGERTIAN E-LEARNING
Sistem pembelajaran elektronik atau (Electronic learning disingkat E-learning) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja.E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies sepertiPDAdanMP3 players.

Dengan e-learning, peserta didik (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

MANFAAT E-LEARNING

Ada beberapa manfaat yang akan didapat dari penggunaan E-learning, yaitu sebagai berikut :


  • Penggunaan E-learning untuk menunjang pelaksanaan proses belajar dapat meningkatkan daya serap peserta didik atas materi yang diajarkan.
  • Meningkatkan partisipasi aktif dari peserta didik. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton.
  • Meningkatkan kemampuan belajar mandiri peserta didik. Sehingga peserta didik tidak selalu bergatung kepada temannya.
  • Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan. Dimana materi yang bisa diberikan oleh pendidik akan meningkat kualitasnya karena bisa mengambil dari berbagai sumber yang ada.
  • Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, dimana dengan perangkat biasa sulit dilakukan.

KEUNTUNGAN DAN KELEBIHAN E-LEARNING


  • Keuntungan dari penggunaan e-learning menurut salah satu sumber yaitu:
  • Lebih mudah diserap, artinya menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks, animasi, suara, video. 
  • Jauh lebih efektif dalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum audiensi, bisa dimana saja, bisa kapan saja, murah untuk diperbanyak.
  • Jauh lebih ringkas, artinya tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.
  • Tersedia 24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguaasaan materi tergantung pada semangat dan daya serap siswa, bisa dimonitor, bisa diuji dengan e-test.

KEKURANGAN E-LEARNING

  • Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri.
  • Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya membuat tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
  • Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan. 
  • Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (information, communication, dan technology).
  • Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
  • Kurangnya sumber daya manusia yang menguasai internet.
  • Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
  • Akses pada komputer yang memadai dapat menjadi masalah tersendiri bagi peserta didik. 
  • Peserta didik bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan video karena peralatan yang tidak memadai.
  • Tersedianya infrastruktur yang bisa dipenuhi.
  • Informasi dapat bervariasi dalam kualitas dan akurasi sehingga penduan dan fitur pertanyaan diperlukan.



PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN E-LEARNING

Salah Satu Perusahaan yang menggunakan E-Learning adalah  PT Federal International Finance (“FIFGROUP”)  Era digitalisasi tidak hanya membawa perubahan terhadap peluang serta tantangan bisnis yang dihadapi oleh FIFGROUP. Lebih dari itu, era digitalisasi juga mendorong FIFGROUP untuk berinovasi dalam hal pengembangan sumber daya manusia.

FIFGROUP kemudian mulai memperkenalkan Digital Learning Ecosystem pada tahun 2016 dengan beberapa feature seperti FIFGROUP E-Library yang juga telah secara resmi diluncurkan pada pertengahan 2017.

Jauh sebelum mengembangkan metode pembelajaran berbasis digital, FIFGROUP telah lebih dahulu berinovasi dalam mengembangkan Branch Training Ambassador atau lebih kerap dikenal sebagai Area Instructor yang terdiri dari 12 orang. Area Instructor tersebar mulai dari wilayah paling utara hingga paling selatan Indonesia.

PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PT Federal International Finance (“FIFGROUP”)

Di dalam E-Learning FIFGROUP total terdapat 259 buah modul yang terbagi ke dalam 35 course berbeda. Setiap tahun juga akan dilakukan update dan review berkala untuk memastikan konten dari setiap modul yang ada masih relevan dan faktual.

Pada Digital Class, FIFGROUP menyediakan beberapa opsi fasilitas mulai dari video conference, video learning, hingga mobile feedback. Ketiga inovasi tersebut diyakini dapat membuat pembelajaran di lingkungan FIFGROUP menjadi lebih efektif dan menarik.



Manfaat penggunaan e-learning pada perusahaan tersebut


Keuntungan penerapan e-learning bagi perusahaan dalam hal melakukan training (pelatihan):
1. Fleksibel
2. Mandiri
3. Hemat Biaya Pengeluaran
4. Pembelajaran Secara Continue
5. Jangkauan Yang Luas
6. Penyebaran Pembelajaran Sangat Cepat

Kelebihan penggunaan e-learning pada perusahaan tersebut.

1. Murah
2. Hemat
3. Tingkat pemahaman yang lebih baik
4. Wawasan tidak terbatas
5. Mandiri


kurangan penggunaan e-learning pada perusahaan tersebut


1. Wawasan yang Tidak Seharusnya Dilihat
2. Kesosialan terganggu
3. Interaksi berkurang
4. Kurangnya akses internet
5. Infrastuktur yang tidak memadahi
6. Kebiasaan lama susah diubah






REFERENSI : 


INTERNET :
Dosen Pendidikan 2.2019. https://www.dosenpendidikan.co.id/e-learning-adalah/ (dikutip pada tanggal 14 januari 2020).
Utama, Ferdian.2015. https://www.kompasiana.com/alcidam/55095a2e813311775db1e209/pembelajaran-e-learning (dikutip pada tanggal 14 januari 2020).
Riadi, Muchlisin.2014. https://www.kajianpustaka.com/2014/06/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-elearning.html, (dikutip pada tanggal 14 januari 2020).
Prameswarik.2017. https://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/kelebihan-dan-kekurangan-e-learning (dikutip pada tanggal 14 januari 2020).

BUKU :
Daftar Pustaka

Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada

L. Tjokro, Sutanto. 2009. Presentasi yang Mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

L. Gavrilova, Marina. 2006. Computational Science and Its Applications - ICCSA 2006: 6th International Conference. Glasgow, UK: Springer.

Nursalam dan Ferry Efendi. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pranoto, Alvini.dkk. 2009. Sains dan Teknologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sujana, Janti Gristinawati dan Yuyu Yulia. 2005. Perkembangan Perpustakaan di Indonesia.  Bogor: IPB Press.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMETAAN TARI TRADISIONAL INDONESIA

Nama Nama Gerak Pada Tari