Langkah – Langkah Pembuatan Platform


Langkah – Langkah Pembuatan Platform
Sosialisasi Sistem Informasi Kesehatan

A.    PENDAHULUAN
Sistem Informasi Kesehatan merupakan salah satu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari Sistem Kesehatan di suatu negara. Kemajuan atau kemunduran Sistem Informasi Kesehatan selalu berkorelasi dan mengikuti perkembangan Sistem Kesehatan, kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) bahkan mempengaruhi Sistem Pemerintahan yang berlaku di suatu negara. Suatu system yang terkonsep dan terstruktur dengan baik akan menghasilkan Output yang baik juga. Sistem informasi kesehatan merupakan salah satu bentuk pokok Sistem Kesehatan Nasional ( SKN ) yang dipergunakan sebagai dasar dan acuan dalam penyusunan berbagai kebijakan, pedoman dan arahan penyelenggaraan pembangunan kesehatan serta pembangunan berwawasan kesehatan.


Perancangan aplikasi yang digunakan dalam penulisan ini yaitu sebagai berikut :
1. Diagram Konteks
Diagram konteks berfungsi mewakili keseluruhan sistem yang digambarkan dengan menggunakan simbol lingkaran tunggal (Yakub, 2012) dan dapat digunakan untuk menggambarkan sistem yang berjalan maupun sistem yang dirancang.
2. Balsamiq Mockups 3
Balsamiq Mockups 3 merupakan perangkat lunak yang membantu menggambarkan interface dalam bentuk sketsa digital dengan menggunakan simbol, ikon, gambar dalam satu file. Simbol dapat digunakan untuk membuat template atau komponen lainnya sehingga dapat menghemat waktu. Aplikasi Balsamiq Mockups 3 dapat digunakan pada desktop dengan sistem operasi windows atau pun MacOS  Perancangan dapat menjadi dasar dalam membangun sistem atau aplikasi untuk monitoring.
 Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah


Tentukan dahulu aplikasi apa yang akan dibuat
Sebelum membuat aplikasi android, kamu perlu menentukan dahulu untuk apa aplikasi tersebut dibuat. Semisalnya saja untuk perusahaan, situs jual-beli online dan sebagainya. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk mendekatkan brand dengan konsumen adalah salah satunya. Kemudian untuk situs jual-beli online adalah memudahkan dalam transaksi dan sebagainya.
Dalam membuat aplikasi android beberapa yang perlu diperhatikan adalah kemudahan dalam penggunaan, tampilan yang menarik dan bisa digunakan dalam berbagai platform. Kamu juga harus menonjolkan pula apa kelebihan aplikasi androidmu dengan aplikasi lain yang sejenis.

Pilih perangkat lunak yang tepat
Langkah selanjutnya setelah kamu mempertimbangkan untuk apa aplikasi android tersebut adalah dengan memilih perangkat lunak aplikasi tersebut. Cara membuat aplikasi android terkadang dibutuhkan coding yang rumit. Namun, sekarang juga ada software khusus untuk membuat aplikasi android sendiri tanpa menggunakan coding yang rumit tersebut.
Software tersebut biasanya ada yang gratis maupun berbayar. Keunggulan bila kamu menggunakan software berbayar, keuntungannya akan lebih besar karena kamu bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini. Beberapa contoh software yang bisa kamu pilih antara lain adalah ShoutEm, Appery, Mobile Roadie, The App Builder, dan AppMakr. Jangan lupa pula untuk memperhatikan fitur-fitur di dalam software tersebut untuk kebutuhan aplikasi androidmu.

Mulailah untuk merancang aplikasi
Cara membuat aplikasi android paling mudah biasanya dengan menggunakan software terbaik. Kita ambil contoh saja dari ShoutEm. Untuk masuk ke dalam software tersebut kamu perlu login dengan memasukkan alamat email dan password. Setelah masuk, kamu bisa pilih aplikasi apa yang ingin kamu buat contohnya aplikasi bisnis, musik, radio, dan sebagainya. Kemudian, kamu bisa pilih tema aplikasi apa yang menarik dan sesuai. Kamu juga bisa menambahkan foto atau gambar yang sesuai namun dengan ukuran yang cukup besar.
Berikutnya, kamu bisa tambahkan fungsi ataupun aktivitas dalam aplikasi tersebut. Fungsi ini akan muncul sebagai layar baru dalam aplikasi. Setelah itu sesuaikan tampilan dengan teks dan kontennya. Misalnya kamu akan menautkan blog dalam mengisi RSS dengan kiriman terbaru. Perhatikan pula tata letak untuk setiap fungsinya.
Keunggulan dari ShoutEm ini bisa kamu jadikan perantara bila kamu ingin mempublikasikan aplikasi android yang sudah kamu buat ke iPhone. Bila sudah disetujui, maka aplikasi kamu akan muncul di layanan AppStore bila sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan Apple. Sedangkan untuk GooglePlay sedikit lebih mudah.

Lakukan uji coba
Langkah akhir dari cara membuat aplikasi android adalah melakukan uji coba. Setelah kamu selesai membuat rancangan aplikasi android kamu, maka sebaiknya uji coba terlebih dahulu. Untuk itu kamu perlu mengunduh berkas APK tersebut ke perangkat dan lakukan setting. Tujuannya untuk mengetahui adanya bug atau tidak dalam aplikasi androidmu.
Dalam melakukan uji coba ini tidak cukup dilakukan dalam sekali dua kali. Kamu perlu melakukannya beberapa kali untuk benar-benar memastikan aplikasi android tersebut sudah layak untuk digunakan, Pastikan pula jika aplikasi androidmu memiliki tanda yang akurat. Mengapa demikian? Ini untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian di mesin pencari.

Buat Interface dan Struktur Project
Jika Anda baru pertama kali membuka IDE Android Studio maka yang pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat aplikasi pertama, yaitu dengan cara klik Start a new Android Studio project.

Membuat Linear layout
Linear Layout merupakan kelompok tampilan yang membuat tampilan sejajar dalam satu arah, dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Dengan linear layout ini Anda dapat menetapkan arah layout mau ke arah horizontal maupun vertikal sesuai keinginan Anda.

Membuat Relative layout
Relative layout adalah salah satu tampilan group struktur code yang bisa mengatur komponen-komponen didalamnya atau yang dibungkus secara relative.

Contohnya adalah

<RelativeLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”
android:id=”@+id/activity_main”
android:layout_width=”match_parent”
android:layout_height=”match_parent”
android:background=”#dce0e8″>

Mengenal User Interface Dashboard Menu

Tampilan User Interface Dasboard atau biasa disebut dengan menu utama yang bagus dan menarik akan membuat user tertarik untuk berlama-lama saat menggunakan aplikasi Android Anda.

Mengenal Web View dengan Progress Bar
Android Web view merupakan sistem dari google Chrome yang bisa membuat aplikasi Android kamu bisa menampilkan konten web yang sudah ada.
Contohnya adalah ketika Anda ingin aplikasi android yang Anda buat bisa mengakses sebuah halaman web tanpa harus Anda membuka aplikasi browser terlebih dahulu.
Atau bisa juga ketika Anda sudah memiliki web , Anda bisa membuat aplikasi Android untuk webmu sehingga bisa web Anda bisa diakses menggunakan aplikasi Android.

Mengenal Custom Font
Pada dasarnya sistem Android sudah menyediakan font bawaan yang sudah bisa dipelajari. Namun tentu saja Anda ingin memberikan font-font yang terbaik untuk aplikasi yang akan Anda buat. Untuk membuat font custom ternyata tidaklah sulit yang seperti dibayangkan oleh bayak orang.
Namun bagi Anda yang kesulitan dalam mempelajari coding, khususnya coding bahasa pemrograman java. Anda bisa menggunakan aplikasi di bawah ini sehingga Anda tidak perlu kesusahan dalam membuat aplikasi Android.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-LEARNING

PEMETAAN TARI TRADISIONAL INDONESIA

Nama Nama Gerak Pada Tari